Tuesday, April 3, 2018

Hose Penyebab Brebet - ER6

Brebet..... jadi salah satu momok yang menyebalkan di ER6 baik itu ER6N atau ER6F, salah satu penyebabnya kalau di ER6 ini adalah tangki yang berkarat dan karatnya yang menyumbat fuel pump. Cara menanggulanginya sudah pernah saya ulas disini.


Nah, kalau tangki dan fuel pump sudah bersih kemudian tetap RPM mesin tidak rata gimana?
saya sempat mengalami RPM susah rata di sekitar 4,000 padahal posisi ini paling enak buat gantung RPM ketika cornering efeknya malah sering agak kehilangan keseimbangan karena motor agak nyundul-nyundul, gejala lainnya antara lain kadang di pagi hari juga RPM suka naik turun, knalpot yang lebih berbau bensin, serta konsumsi bensin yang lebih boros (biasanya 1:17 ini sampai ke 1:14 dengan knalpot racing dan fuel 92)




Biru, It's Time To Say Goodbye

Time to say goodbye....... setelah sekitar 3.5 tahun bersama dan 34,000 km dilalui bersama, akhirnya saatnya untuk berpisah dengan si biru Ninja 650 saya. Banyak kenangan yang sudah dilalui apalagi si Biru ini adalah moge pertama saya. Perjalanan melepas si biru pun dimulai dengan melepas semua asesoris yang menempel dan menjualnya seperti front axle slider, raiser stang, fog lamp, raiser shock belakang, velg 6", breket box, dan paling terakhir saya kerjakan adalah nyalon detailing buat membersihkan semua kotoran dan lumpur membandel yang melekat di motor.




Wednesday, March 21, 2018

Touring To Sulawesi Tengah

Sulteng.... Sulawesi Tengah jadi destinasi touring besar VICO riders tahun ini. Akhirnya Palu yang merupakan ibukota dari Sulawesi Tengah jadi titik nol touring Sulawesi Tengah. Selain itu ada kawan saya orang asli sana jadi mempermudah penguasaan medan termasuk juga persiapannya. 


Motor sewaaan yaitu motor beat beserta jajarannya menjadi pilihan anggota touring kali ini mengingat biaya gendong motor ke Sulawesi yang tidak murah (ke Lombok tahun lalu saja 5 juta per motor) serta mobil support yang semua kami sewa disana supaya lebih murah. Buat saya sih tidak masalah, touring itu adalah journey malah bisa dapat pengalaman lain dengan mocil ini


Touring dipersiapkan beberapa bulan sebelumnya, malah di beberapa minggu sebelum berangkat tujuan yang tadinya mau menyebrang ke kepulauan Togean kami cancel mengingat space harinya yang terlalu mepet. Ke Togean baiknya ada spare waktu minimal 3 hari 2 malam ini termasuk dengan perjalanan laut dari Ampana ke Togean selama 1/2 hari sendiri untuk satu kali trip, sedangkan kami sendiri hanya punya waktu 5 hari 4 malam untuk berangkat dari Palu.


Road Near Ampana

Monday, March 5, 2018

Klakson Kendaraan - How to Treat, Maintain, and Install

Klakson..... eh kayanya udah lama bener ini 2 bulanan gak nulis blog karena kesibukan parah melanda. hehehe. OK kita lanjut dulu untuk bahas soal klakson.
Seperti yang kita ketahui klakson itu terdiri dari beberapa jenis antara lain:
  • Disc horn (klakson gepeng)
  • Fanfare horn (klakson keong)
  • Compressor trumpets (klakson telolet)


Friday, December 22, 2017

Review TBS Raser

Raser.... adalah jenis racun yang sudah saya dengar sejak tahun lalu. Raser merupakan throttle body spacer (TBS) yang merupakan sebuah alat yang berbentuk sedemikian rupa dan ditempatkan setelah throttle body kendaraan. Harapannya adalah udara yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi lebih padat dan turbulen. Sebelumnya si silvi ini sudah saya racuni dengan pasang Ferrox air filter, broquet, dan Nitro OBD II