Wednesday, June 22, 2016

Clean Up Your ER6 Tank and Fuel Pump - Bersihkan tangki dan fuel pump ER6

Karat...... jadi penyakit yang menjangkiti mayoritas ER6N and Ninja 650. Si biru motor saya juga sudah pernah kena untung ketahuan dalam jangka waktu 1 bulan setelah motor diantar, jadi masih diganti total tangki and fuel pump baru, artikelnya bisa dilihat disini

Nah, kalau sudah lewat satu tahun dan sudah lewat masa garansi gimana? kalau ganti tangki and fuel pump mahal juga lo yaitu tangki 2.8-2.9 juta and fuel pump 2.3 juta. Nah untuk menanggulangi persoalan brebet dan karat bisa disimak cara pembersihannya dibawah sana yang saya dapat dari pendiri NSFO yang punya bengkel rumahan di daerah Depok. Penasaran sama harga spare part motor ER6? bisa dilihat juga di artikel ini


Tuesday, June 21, 2016

Fork Brace / Fork Stabilizer for ER6 - Ninja650

Fork Brace.... sering juga disebut fork stabilizer merupakan komponen tambahan yang dipasang sebagai penghubung shock kanan dan kiri bagian depan untuk suspensi teleskopik. Suspensi teleskopik merupakan suspensi standar yang banyak juga dipasang di motor kecil tapi ya motor gede juga ada sih yang masih pakai teleskopik seperti ER6 series contohnya dan CB500 series juga mengadopsi suspensi type ini. Sebenarnya tipe suspensi ini dipakai karena biaya produksinya murah dan perawatan yang relatif lebih mudah. Back to topic, kenapa fork brace ini tidak pernah dipakai di motor dengan suspensi USD atau upside down? menurut saya sih karena suspensi USD ini cenderung lebih rigid dan kestabilannya diatas suspensi teleskopik.



Wednesday, June 8, 2016

Upgrade Grand Livina SV part I

Silvi.... sudah menjelang 2 bulan silvi alias slver grand livina jadi penghuni baru di rumah saya. Hari-hari dilalui untuk antar anak sekolah dan istri wira wiri sampai sekarang baru jalan 1,200 km an aja. Berhubung si biru motor saya sudah banyak di modif dan kayanya udah gak mau ditambahkan apa-apa lagi jadilah si silvi ini pelampiasan saya untuk modif, hehehe. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel saya sebelumnya ketika memilih mobil disini



Review Michelin Pilot Road 4 - 2,500 km on going (PR4 VS Battlax T30)

Pilot Road 4...... jadi ban pilihan saya menggantikan Battlax T30 yang sebelumnya dipakai si biru sejauh 10rb km selama satu tahun, reviewnya ada disini. Kenapa beralih ke Michelin ya sebenarnya karena kurang puas dan cari experience baru lagi saja sih sekalian biar artikel nambah:) Saya beli ban ini sekitar bulan Maret 2016 disaat lagi sangat susah cari ban Michelin baru, apa daya terpaksa juga ambil ban produksi awal 2014 yang bagian belakang dan mid 2014 untuk bagian depan. Sedikit lebih lama produksinya dibanding Battlax T30 saya yang sekitar November 2014. Tapi setelah saya lihat dan rasakan feel karetnya masih ok belum getas, jadi lanjut saja pasang apalagi dikasih harga special sama yang punya toko. Ketika artikel ini ditulis ban sudah terpasang sekitar 2 bulan dan sudah menempuh jarak sekitar 2,500 km, sebelumnya sempat saya tulis failure PR4 ini yang terjadi di luar Indonesia ada disini







Thursday, June 2, 2016

Tips riding di bulan Ramadhan - Riding Ketika Puasa

Ramadhan.......... Marhaban ya Ramadhan. Puasa tinggal beberapa hari saja menjelang selain lapar dan dahaga, aktifitas harian tentu tidak boleh kendor terutama ibadah harus lebih ditingkatkan lagi. Aktifitas yang tadinya biasa-biasa saja menjadi luar biasa melelahkan ketika bulan puasa seperti aktifitas riding.