Thursday, April 27, 2017

Keausan Ban Motor - Motorcycle Tire Wear

Aus.... dalam bahasa Inggris adalah wear. Merupakan hal yang pasti terjadi pada ban motor yang berfungsi sebagai menghantarkan tenaga dari mesin, mengurangi kecepatan, mengatur arah motor, dan meredam getaran dari jalan yang tidak rata. Beberapa tahun terakhir saya senang mengamati keausan ban pada kedua motor saya karena menggambarkan bagaimana karakter saya dalam mengendarai motor. Ini adalah artikel lanjutan tentang ban disini

ban belakang beat pop

Dari yang saya perhatikan, sejak saya naik motor kecil yang 100 cc sampai ke 200 cc (Yamaha Jupiter, Honda beat pop) mostly yang habis duluan adalah ban belakang dibandingkan ban depannya. Ninja 250 dulu gak sempat merhatikan malah.
Tapi ketika naik yang moge ER6 malah ban depan duluan yang lebih habis, sepertinya karena bobot yang lebih berat jadi porsi mengerem dengan rem depan jadi lebih besar tapi hal ini tidak terjadi di honda beat pop saya yang juga porsi pengereman depannya lebih besar.


Ban Depan
Yang menarik untuk diperhatikan adalah ban depan motor saya ini yang habis cenderung di sebelah kanan bukannya habis di bagian tengah dan ini terjadi pada si biru Ninja 650 dan honda beat pop yang matic (sudah 2 ban di beat pop ini tetap yang depan kanan habis duluan). Sempat saya berpikir apakah wheel alignment  yang tidak beres kah? tapi selidik lebih jauh ternyata banyak teman-teman yang depan kanannya habis juga.



depan kanan si biru

depan kanan si biru


Ban depan beat pop
kalau diperhatikan sisi kanan lebih habis kelihatan di kembangan yang alur tipis

Setelah baca-baca dari dari www.rattlebars.com didapatkan kesimpulan bahwa kita yang berjalan di sebelah kiri jalan alias setir kanan maka yang akan tipis duluan adalah bagian kanan depan karena tikungan ke sebelah kanan lebih jauh jaraknya dibandingkan tikungan ke sebelah kiri. Tapi ini tidak terjadi buat yang mengemudi disebelah kanan jalan alias setir kiri karena banyak dari mereka yang habisnya malah sisi sebelah kiri duluan.
di US malah kiri depan duluan habis (courtesy www.rattlebars.com)

Selain itu juga menurut saya adalah keausan sebelah kanan karena posisi road crown alias kontur jalanan yang lebih tinggi dibagian tengah dan lebih rendah di sisi luar yang berperan untuk jalannya air.



Ban Belakang
Ban Belakang ini menarik untuk diamati terutama di bagian chicken stripnya. Chicken strip adalah line terluar dari tapak ban yang tidak menapak aspal, kenapa dibilang chicken? nah diluar negeri sana kalau membully rider yang gak berani sering dibilang chicken, hehehe
Membedakan chicken strip mudah saja lihat saja ban belakang bagian tapaknya kalau ada 3 warna tandanya masih ada chicken strip tapi kalau hanya 2 warna saja tandanya chicken strip sudah habis.

masih ada 3 warna dan chicken strip jelas terlihat
ehm ehm.... 2 warna saja

Mostly ban belakang akan habis dibagian tengahnya meski bagian samping pada ban premium komponnya lebih lunak maka tetap saja bagian tengah akan habis duluan, ya iyalah masa iya motor jalannya miring-miring terus. Kalau si biru sih memang yang bagian tepi kanan habis duluan juga dibandingkan yang sebelah kiri.
Spotted wear juga terjadi ketika kita mem block rem belakang jadi ada keausan di satu tempat saja.

Spotted wear, dikarenakan block rem belakang ketika latihan safety riding

semoga berguna......