Friday, June 16, 2017

Radial Tire VS Bias Tire

Ban.... lagi-lagi coba nulis lagi tentang ban, kali ini perbedaan antara design ban radial dengan bias. Kenapa baru ditulis sekarang? karena si biru baru ganti sementara ban depannya dengan ban tipe bias yaitu Michelin Pilot Street setelah sebelumnya selalu pakai yang radial type yaitu T30 dan Pilot Road 4 (PR4) jadi pembandingnya lebih apple to apple dan fair karena dipakai di motor yang sama untuk merasakan perbedaannya. Review dari Michelin Pilot Street sendiri sedang saya persiapkan karena masih kurang jauh jalannya.







Thursday, June 8, 2017

Bracket Caliper ER6 Broken - Patah

Breket..... setelah hampir 28,000 km saya mau ganti kampas rem belakang si biru untuk pertama kalinya. Putar dua baut allen pakai kunci L dan copot kaliper nya loh kok breket yang ada lubang dudukan kaliper bagian bawah sudah patah?????




Friday, May 19, 2017

Review Nitro OBD2 - Performance Chip Tuning Box

Nitro OBD II..... performance chip tuning box. Awalnya gak sengaja waktu lagi lihat-lihat di tokopedia lihat barang ini. Baca-baca keterangan intinya tinggal colok alat ini di port OBD (on board diagnostic) mobil dan rasakan perbedaannya. Claim alat ajaib ini torsi akan meningkat 25% dan power meningkat 35% sangat fantastis bukan? ditambah harganya dibawah Rp. 100,000 include ongkir Jabodetabek. 

Fungsi alat ini sih memanipulasi ECU jadi mirip-mirip sama piggyback yang mahal itu lo tapi yang ini tidak bisa di program sudah fix saja setelannya. Meski skeptis kok dari port OBD yang fungsinya hanya membaca output parameter mesin kok bisa ya ikutan memanipulasi bacaan ECU sehingga karakter mobil berubah? Karena penasaran makanya saya beli aja toh lihat di tokopedia sudah ribuan barang ini terjual.






Thursday, April 27, 2017

Keausan Ban Motor - Motorcycle Tire Wear

Aus.... dalam bahasa Inggris adalah wear. Merupakan hal yang pasti terjadi pada ban motor yang berfungsi sebagai menghantarkan tenaga dari mesin, mengurangi kecepatan, mengatur arah motor, dan meredam getaran dari jalan yang tidak rata. Beberapa tahun terakhir saya senang mengamati keausan ban pada kedua motor saya karena menggambarkan bagaimana karakter saya dalam mengendarai motor. Ini adalah artikel lanjutan tentang ban disini

ban belakang beat pop

Friday, April 14, 2017

Spyshoot - Toyota Innova Venturer?

Venturer...... Nama ini baru saya dengar barusan. Setelah browsing di internet karena pagi tadi saya lihat ada 2 mobil baru berjalan beriringan di jalan Ciledug Raya sedang test drive. Kenapa mobil baru karena seluruh body dikasih stiker camouflage khas mobil baru yang belum di release.





Monday, April 10, 2017

Yamaha MT-25 Retro Style

Retro..... old fashioned. Itu yang terlintas ketika saya lihat motor ini di bengkel motor GP PRO 212 di bilangan Pamulang disana. Motor ini basisnya adalah Yamaha MT-25 berkubikasi 250cc dari 2 silinder inline yang mesinnya juga dipakai oleh R25 yang pakai fairing.



Tuesday, April 4, 2017

How to Fix Starter Relay ER6 (DIY)

Relay Starter..... starter motor ER6 anda pernah hanya berbunyi ctek ctek ctek dan sulit start dalam artian tidak mau nyangkut untuk dinamo starternya ? nah buat ER6 yang sudah berumur sudah saatnya cek relay starter yang ada di bawah jok rider sebelah kanan. Saya kebetulan dapat tips ini dari teman di NSFO yang sharing di grup WA dan lengkap sekali penjelasannya, hanya dengan gambar saja sudah cukup jelas. Cekidot stepsnya....





Friday, March 31, 2017

End of Use - Review Michelin Pilot Road 4 (PR4)

PR4..... Pilot Road 4 dari pabrikan Michelin sudah menemani saya sejauh 9 rb km baik itu touring maupun commuting sangat puas pakainya setelah sekitar 1 tahun pakai. Review awal saya memakai PR4 bisa dibaca disini. Kenapa saya bilang sangat puas? karena ban ini (untuk teknik riding dan style riding saya khususnya) sangat meet requirement dibanding 2 ban yang pernah saya pakai di ER6 saya yaitu Dunlop Roadsmart (ban bawaan) dan Bridgestone Battlax T30. Apalagi saya pasang ban ini di 2016 sedangkan bannya produksi 2014 meski keluaran lama tapi performancenya masih OK banget, beda dengan Battlax T30 meski keluaran baru tapi karetnya lebih cepat getas duluan serta ban ini ketika baru tidak perlu inreyen. Tapi kekurangannya ban ini yang depan lebih cepat tipis selisih seribu kilometer lebih awal dibanding T30



tentunya setelah 9rb km berjalan ada beberapa perubahan yang terjadi pada ban kita coba ulas satu persatu:


Monday, March 27, 2017

Review Thule Roof Box Captiva

Thule..... jadi pilihan bapak saya untuk bagasi tambahan alias roof case atau roof box di mobil captivanya. Sebenarnya box ini sudah lama belinya ada mungkin sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu tapi dipakainya setahun sekali saja pas mudik lebaran selebihnya tersimpan rapi saja diatas lemari. Hari-hari Captiva ini tidak pakai roof box dan hanya tersisa roof rail beserta cross barnya saja (2 besi melintang yang menghubungkan roof rail kanan dan kiri). Nah roof box Thule ini baru kemarin dipakai lagi ketika liburan ke Kuningan Jabar bersama saya dan keluarga yang artikelnya disini, kalau artikel review mobilnya sendiri saya taruh disini.
   



Thursday, March 23, 2017

Liburan Keluarga ke Kuningan Cirebon

Kuningan...... jadi salah satu destinasi liburan sekolah kali ini berhubung anak-anak ada libur 1 minggu jadi kita manfaatkan untuk liburan saja. Seperti biasa hari kerja jadi pilihan saya untuk pergi liburan instead of weekend days karena pasti lebih sepi dan dapat special price untuk hotelnya. Ini adalah kali kedua saya pergi ke Kuningan dimana sebelumnya touring dengan menggunakan motor disini tapi kali ini pergi pakai mobil beserta kedua orang tua saya.



Wednesday, March 22, 2017

Spyshoot Suzuki Ignis

Ignis..... baru tadi malam saya dengar namanya ini setelah sebelumnya sempat memergoki mobilnya ada di tol Cikampek arah ke Jakarta ketika pulang trip dari kuningan. Produk ini merupakan produk global dan dalam waktu dekat akan di pasarkan di Indonesia. Kalau baca-baca speknya sepertinya ini adalah perpaduan antara SUV dengan city car, dilihat sekilas sih mirip dengan mini cooper tapi ground clearance lebih tinggi.




Tuesday, February 21, 2017

Tips menerobos Genangan Air / Banjir

Banjir...... eh genangan air jadi momok yang kadang menakutkan bagi pemakai jalan. Selain bikin macet, banjir juga bisa bikin kendaraan yang kita tumpangi mogok. Bagi saya melintasi genangan air atau banjir cukup mebuat hati berdebar juga selain merasa ada keseruan juga ketika melintas. Gimana kira - kira tips dan trick nya supaya kendaraan baik itu mobil atau motor bisa aman melinasi genangan air? cekidot....

kalau tips and trik berkendara selama musim hujan cek disini




Tuesday, February 7, 2017

Pressure Tank Pompa Air

Pressure tank..... adalah tangki yang biasanya ada di pompa air. Di pompa jet pump (sumur dalam) atau yang dangkal biasanya berupa tangki yang ada di bagian bawah mesin atau ada tangki terpisah dibagian atas mesin tergantung dari bentuk pompanya. Pompa jet pump saya yang tugasnya sedot dari sumur ke water toren tidak saya pasangi pressure tank karena posisinya ada di dalam tanah dan spacenya mepet. Tapi pressure tank ini saya alokasikan malah untuk pompa pendorong dari toren ke sistem air rumah.

Pressure tank bawaan pompa jet pump

Tuesday, January 24, 2017

Turbo Whistler

Turbo Whistler...... dalam bahasa Indonesia namanya peluit turbo. Sebenarnya lebih mirip ke fake turbo sih cuma suaranya saja performance tetap mobil biasa. Komponen ini ditaruh didalam ujung pipa buangan knalpot kendaraan, jadi prinsipnya udara buangan dipaksa melewati "peluit" ini sehingga akan menghasilkan suara desingan seperti turbo. Suara desingan turbo saat ini sering bisa kita dengar di mobil mobil diesel seperti Fortuner yang paling terdengar. cuit.... cuit......




Wednesday, January 4, 2017

Liburan Keluarga ke Darajat Garut

Darajat.... jadi pilihan untuk trip liburan keluarga kali ini, mengingat satu tahun yang lalu kesini ternyata bagus pemandangannya and ada kolam air panasnya yang pasti disukai anak-anak. Selain itu mau beli kerajinan kulitnya yang memang terkenal akan kualitasnya. Trip kali ini dimulai tanggal 29 Des - 30 Des hari Kamis and Jumat ketika liburan sekolah anak. Kali ini juga berkesampatan review Honda BRV yang saya tulis disini



Tuesday, January 3, 2017

Review Honda BRV VS Grand Livina SV

BRV...... mobil keluaran Honda ini jadi pilihan ortu saya menggantikan Fortuner TRD yang reviewnya saya tulis disini. BRV kalau boleh dibilang adalah 1 tingkat diatas mobilio kelasnya dan juga harganya. Supaya enak review kali ini saya bandingkan saja dengan Grand Livina karena GL ini adalah mobil keluarga saya yang ada di rumah dan selalu saya bawa.
Liburan kemarin saya berkesempatan pakai BRV untuk touring keluarga ke Puncak Darajat Garut dengan isi 4 orang dewasa dan 3 anak-anak serta full barang dibagasi. Nah, kira-kira gimana impresi selama kurang lebih hampir 700 km bersama? cekidot.....