Thursday, October 6, 2016

Liburan Keluarga ke Taman Safari Puncak - Royal Safari Garden

TSI... Taman Safari Indonesia, adalah tempat wisata di Cisarua Puncak Bogor yang memiliki hawa sejuk dan segar. Berhubung dua anak saya libur sekolah selama seminggu jadilah saya rencanakan bawa mereka berlibur ke TSI ini. yeaaaayyyyy..... dikarenakan anak-anak cewe belum pernah ke taman safari jadi saya brief dulu nanti bakal begini begitu ada ini ada itu, gak perlu takut, nanti bangun pagi, berangkat pagi, dan bla bla bla. Briefing ini dilakukan mulai beberapa hari sebelum berangkat sampai pagi ketika keberangkatan, hal ini cukup penting karena anak-anak saya masih pada kecil-kecil yaitu 5 tahunan, 3 tahunan, dan 2 tahun.
Liburan saya rencanakan selasa dan rabu jadi saya ngalah ambil cuti supaya tempat wisata sepi dan lebih enak tentunya.

hari H tiba, malah anak -  anak cewe bangun duluan sebelum dibangunin. Selesai beberes akhirnya jam 5.30 sudah melesat melewati tol JOR yang sudah mulai padat dengan aktifitas. Sampai akhirnya masuk jam 07.00 di hotel Royal Safari Garden (RSG), kenapa stop dulu disini karena kami menginap disini dan mau ambil tiket TSI yang dapat harga khusus lo.... harga tiket normal dewasa adalah Rp. 150,000, anak-anak Rp. 140,000 nah kalau menginap di RSG kita bisa dapat tiket seharga Rp. 100,000 saja dan maksimal 3 tiket saja lumayan banyak penghematannya sekalian beli tiket untuk anak-anak sisanya dengan harga reguler. Karena masih kepagian dan TSI buka jam 9 jadi ya kita main-main dulu di hotel sambil lanjutin sarapan anak-anak.

Feeding the fish

Feeding the black goose

jam 8.30 lanjut masuk mobil dan naik ke TSI, sepanjang jalan banyak penjual wortel pada otomatis berdiri lihat mobil plat B menawarkan wortelnya, tapi kami gak beli karena istri saya sudah beli di pasar 2 Kg wortel biar puas. Masuk gate pukul 08.50 tinggal kasih liat tiket dari RSG dan bayar Rp. 15,000 saja buat mobil, selesai bayar mampir dulu ke toilet biar gak kebelet nahan pipis ketika safari journey

Map Taman Safari Bogor

beberapa spot hewan hewan yang berani mendekati mobil tidak segan-segan menjilati kaca mobil minta jatah wortel sampai anak-anak pada heboh ketakutan campur senang juga. Ada juga hewan yang malah sengaja berdiri di depan mobil dan di klakson gak mau minggir, ya tinggal majukan mobil perlahan-lahan sekali saja akhirnya mereka menyingkir sendiri karena bersentuhan dengan mobil. Jangan lupa untuk tutup rapat jendela, lock jendela dan pintu ketika melintas di kandang tiger dan bear. Obey the rules sebelum menyesal mendapat masalah kemudian.
Beberapa jalanan juga sengaja dibuat banjir dengan air yang melintas ada 3 spot kalau gak salah dan ini malah jadi kesenangan saya dan anak laki-laki saya yang sulung buat tancap gas supaya air menyembur kemana-mana, hehehe

Safari journey ini menghabiskan waktu selama 1 jam dengan speed normal-normal saja untuk melihat-lihat, parkir di plaza Gajah dan meluncur ke baby zoo yang disambut dengan hujan lumayan deras untung sudah siap banyak payung, topi serta jaket.
di baby zoo ini selain bisa berfoto dengan hewan, kita bisa melihat juga beragam spesies kucing besar lewat kandang ala aquarium nya, kangguru, orang utan, harimau putih, dan yang paling menarik adalah Liger merupakan kawin silang antara Lion dan Tiger (entah disengaja atau tidak oleh masyarakat). Hasil kawin silang ini di klaim akan mempunyai penyakit dan umurnya tidak panjang. Perawakannya tetap besar seperti singa punya sedikit rumbai tapi ada totol-totol harimau juga dibagian kepalanya.

Berhubung waktu masih menunjukkan pukul 10 dan show pertama various animal pukul 11.30 kami keliling lagi sampai ke daerah air terjun dan akhirnya stop di pinguin. Karena masih hujan jadi di pingguin ini malah kami sendirian saja dan kami manfaatkan dengan piknik makan siang bersama pinguin, rupanya istri saya sudah bawa makanan dan nasi dari rumah. Alhamdulillah pengiritan lagi deh selain itu kapan lagi bisa makan sambil ditemani pinguin ya gak?

Miniatur pinguin

Selesai makan kembali lagi ke mobil dan menuju ke various animal untuk melihat pertunjukan hewan dan selesai pukul 12 kurang. Show selanjutnya masih pukul 13.30 jadi ada waktu jalan-jalan ke wahana permainan, untuk biaya masuk TSI ini sudah dapat free masing-masing permainan anak 1 kali bermain sayangnya ada beberapa wahana yang gak bisa dimainkan karena hujan cukup deras jadi mostly bermain di indor saja

Selesai bermain dan solat di mesjid siap-siap kembali menonton pertunjukan lumba-lumba pukul 13.00. Selesai 3 lumba-lumba menunjukkan kebolehannya lanjut dengan foto bersama lumba-lumba dengan kamera sendiri biayanya Rp. 25,000 / orang. 2 anak cewe udah diwanti-wanti sebelum berangkat tapi pas hari H takut dan nangis-nangis histeris, hehe ya namanya juga anak-anak.

Dari lumba-lumba naik lagi ke atas dengan jalan kaki ke atraksi cowboy pukul 14.00 yang menurut saya seru special effect ledakan, tembakan dan panahannya saja kalau ceritanya sih kurang menjual. Tapi disini dapat pengalaman baru juga lihat atraksi special effect ala hollywood dan anak laki-laki saya yang paling excited melihat tembakan dan ledakan yah memang dasar naluri laki-laki ya.
Selesai dari cowboy jalan seikit ke arah bawah ketemu dengan globe of death pukul 14.30 yang merupakan atraksi 4 motor didalam kerangkeng bola besi berputar-putar, anak motor masa gak liat atraksi motor sih. hahaha
selesai atraksi orang-orang pada sibuk foto dengan ridernya, saya sih pilih foto sama motornya dong sepertinya Honda CS1 yang sudah di modif racing.
Salut saya sama rider-rider muda ini karena komando hanya pakai isyarat jari saja lo oleh captain nya tak lupa skillnya serta keberanian tinggi sekali, salah sedikit bisa crash gak karuan pasti

Selesai atraksi motor jalan kaki lihat monyet jepang dan menyusuri terowongan dunia reptil yang tembusnya ada lumayan jauh dibawah parkiran dolphin. Dari sini masuk mobil dan mindahin ke arah tiger menunggu tiger show pukul 16.00.

Tiger show diawali dengan atraksi harimau Bengala dari India yang memanjat pohon setinggi 9 meter untuk ambil daging, setelah itu dilanjutkan atraksi 2 harimau dan keepernya alias pawang menunjukkan kebolehan.

Selesai tiger show, niat hati mau lihat elephant show di plaza Gajah tapi karena hujan jadi di cancel shownya padahal sudah sengaja sisain wortel buat kasih makan gajah. Eh ada 1 gajah yang jalan-jalan di area show sementara yang lain pada berteduh, saya tanya pawang boleh kasih makan wortel gak dan ternyata boleh jadi ya kasih makan aja deh. Teringat 4 tahun yang lalu si sulung umur 1 tahunan kasih makan wortel ke gajah persis kaya gini. Anak anak cewe malah ketakutan dan menjauh, hahaha

pukul 17.00 akhirnya beranjak dari TSI menuju hotel diiringi hujan, dadah taman safari sampai ketemu lagi gitu kata anak-anak saya. Sebelum sampai ke hotel saya belok dulu ke resto Bumi Nini yang merupakan grup dari Bumi Aki yang pernah saya singahi ketika pulang dari touring Dieng yang artikelnya saya tulis disini

Map Royal Safari Garden

Pukul 19.00 check in hotel sempat was-was juga kalau jelek karena pesan di Komodo yang paling murah via internet check in seharga Rp. 580,000 net ditambah extra bed Rp. 181,500. Karena sepi jadi ditaruh di lantai dasar yang parkir mobilnya persis didepan kamar tapi kamarnya di pojokan depan-depanan sama kantor pegelola RSG. Gak apa lah kamar lumayan luas meski sudah terkesan kuno tapi tetap ada air panas and bath tube tanpa AC pun sudah cukup dingin. Anehnya kamar ini kalau pesan via phone or datang langsung malah ratenya Rp.700,000 an.

View depan kamar Komodo

Next morning dengan menahan lapar karena sarapan baru mulai jam 07.00 kami menuju ke resto di belakang lobby hotel yang menurut saya sih lumayan enak nih makanan disini. Sayang leopard sedang hamil jadi tidak ada di kandang aquarium di resto ini padahal menarik juga sarapan ditemani leopard. Selesai makan lanjut jalan-jalan ke pulau reptil yang tidak jauh dari kamar dan lanjut berenang di water park yang free untuk tamu hotel. Selain ada slide yang tinggi sekitar 20 meter ada juga lo kolam air hangatnya yang bikin betah berendam.

jam 10.00 kami check out tadinya mau lanjut main wahana permainan anak-anak ternyata kalau weekdays yang buka hanya permainan di game room saja tidak ada yang di outdoor, padahal dulu sempat lihat ada menunggang gajah, unta segala.
Supaya gak terlalu kecewa akhirnya turun aja ke Cimory mountain view tapi viewnya kurang cakep dan restonya biasa aja, akhirnya pindah lagi ke Cimory River view yang lebih bagus dan besar sayang hujan jadi gak jalan-jalan ke forestnya yang sekarang dikenakan tarif Rp.10,000 per orang.

Cap cus pulang jam 13.00 mampir depan bengkel dan alhamdulillah sampai rumah pukul 15.00 via bogor dan jalan raya parung.