Tuesday, April 26, 2016

Michelin Pilot Road 4 Tire Failure?

Tire Failure..... kalau gak salah minggu lalu sempat heboh di grup WA and medsos kalau ada ban Michelin yang sepertinya seri Pilot Road 4 mengalami failure atau kegagalan. Tentunya menimbulkan accident dan kerugian harta dan fisik juga, kalau lihat dari gambar sih kejadiannya ada di luar negeri sana (sorry ada disturbing picture).



Lucky, yang terluka ini sepertinya ridernya ini masih hidup
Failure nya ini bukan ban meletus atau yang biasa dibilang casing failure tapi terlihat seakan-akan lapisan thread yang mengelupas mirip sekali seperti ban vulkanisir yang fail. Karena penasaran selain motor saya sekarang pakai ban merek ini jadi saya coba cari-cari info ke mbah google.


Akhirnya didapatkan dari website ini http://www.crashforensics.com/tirefailures.cfm kemungkinan besar failure PR4 diatas karena aging atau umur. Wah padahal PR4 ini tergolong ban baru di dunia, kalau saya gak salah ingat pernah baca launching di 2013 ya baru sekitar 3 tahun dong ya.
Jadi ban apabila tidak dipakai cukup disimpan saja proses penuaannya tetap berjalan seperti manusia, prosesnya ini antara lain adalah karet yang mulai mengeras dan steel wire yang mulai berkarat. Sayang accident diatas tidak cukup komplit keterangannya dan tidak terlihat ban bikinan kapan, sekarang coba kita ambil perkiraan dan datanya satu persatu.
Aging Failure - Mirip dengan bentuk failure PR4

  • Anggap ban bikinan 2013 dan fail, menurut saya mungkin ini terjadi karena dulu si biru pakai ban bikinan mid 2012 dan secara performa sering fail seperti power slide dan loss grip ban depan ketika ngerem, buat nikung juga makin susah ditekuk motornya - its happen in 2015 persis sekitar 3 tahun dari masa ban di produksi. Padahal kembang ban masih tebal dan motor hanya disimpan di gudang selama 2 tahun an sebelum dibawa ke rumah saya. Tapi sudah mulai terlihat retak-retak di threadnya. (sorry gak ada foto detailnya)
  • Kayanya gak mungkin deh ban bikinan 2013, lets say bikinan 2015 dan sudah 1 tahun pakai. Tempo hari saya pakai Battlax T30 selama 1 tahun dan sudah failure lo terutama di ban depan profilnya sudah tidak sempurna lagi, detailnya bisa dilihat disini

Memang tyre failure yang saya alami gak sampai separah yang di foto, bisa aja terjadi yang accident ini ekstrim pakai motornya bisa jadi sering di burn out or tire pressure tidak dijaga optimum. Selain itu juga di negara non tropis penyimpanan ban lebih repot ada musim winter dan summer yang perbedaan suhunya extrim dan menurut saya juga ini mempengaruhi umur ban beda dengan di negara kita tercinta hanya 2 musim dan perbedaan suhu tidak drastis. 

Verdict
Sebelum ban mengalami kegagalan, akan ada tanda-tandanya terlebih dahulu dan semua tergantung kita bisa membaca atau tidak tanda-tandanya. Ingatlah kalau naik motor nyawa kita hanya bergantung pada beberapa cm karet yang menapak di aspal. Maka rutinlah cek ban dan rawat ban kendaraan anda
sekalian share artikel yang bisa bermanfaat untuk upgrade ban disini


dibawah ini foto-foto si biru pakai PR4, artikel reviewnya nanti ya baru jalan 1,000 km so far sih sangat puas, nah artikelnya udah ada disini buat reviewnya PR4

monggo dikomentari